Utami, Maria Putri Sari and Pratiwi, Etik and Rosada, Admila (2021) Analisa Karakteristik Guru Anak Tunagrahita Terhadap Pandangan “Sexuality Readiness Programm”. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, Vol.11 (No. 1). ISSN 2549-9327
Text
Jurnal _Tunagrahita_etik.pdf Download (208kB) |
Abstract
Latar Belakang: Anak merupakan investasi masa depan dimana banyak ditemukan hambatan dalam proses tumbuh kembangnya, salah satunya adalah anak tunagrahita. Anak penyandang tunagrahita memiliki hambatan sosial terhadap lingkungan sekitarnya Anak muda membutuhkan informasi yang akurat mengenai kebutuhan seksualitasnya begitupula anak dengan keterbatasan (tunagrahita). Guru yang pernah mengikuti pelatihan kesehatan reproduksi masih sangat sedikit (2,8%), menurut informasi guru materi kesehatan reproduksi hanya diberikan pada pelajaran lain. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara karakteristik guru retardasi mental, khususnya usia dan lama kerja guru terhadap pandangan guru tentang “program kesiapan seksualitas” . Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan metode total sampling yang dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2020. Subjek penelitian adalah 40 guru di Bantul DIY. Hasil: Mayoritas responden berusia 26-45 tahun. Pada karakteristik Lama mengajar meenunjukkan 40% guru menyatakan mengajar kurang dari 10 tahun. Hasil analisis menggunakan uji korelasi pearson menunjukkan bahwa hubungan antara usia guru terhadap pandangan tentang program kesiapan kesehatan reproduksi adalah p = 0,166, dan lama kerja guru adalah p = 0,539. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara usia dan lama bekerja terhadap pandangan guru SLB “program kesiapan seksualitas” .
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usia Guru, Lama Bekerja Guru, Pandangan Guru, Anak Tuna Grahita |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | DIII Keperawatan > D3 Keperawatan |
Depositing User: | Administrator Eprints |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 07:30 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 02:01 |
URI: | http://eprints.stikes-notokusumo.ac.id/id/eprint/131 |
Actions (login required)
View Item |