Priliana, Wiwi Kustio and Pratiwi, Etik (2022) Dampak Intervensi Konseling Terhadap Pengetahuan Tentang Pubertas di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta. Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol.10 (No. 2). pp. 229-233. ISSN 2303-1433
Text
352-1-1716-1-10-20220531 (1).pdf Download (157kB) |
Abstract
Pendahuluan: Saat ini terjadi peningkatan pubertas dini pada usia anak yang sangat berpotensi terjadinya kecemasan, depresi, dan juga penyelewengan seksual . Fenomena ini dipengaruhi oleh konsumsi nutrisi khususnya lemak, usia menarche ibu, dan pengaruh media. Kesehatan reproduksi sudah menjadi tanggung jawab bersama baik tenaga kesehatan (dokter, perawat) psikolog, guru, dan juga profesional kesehatan mental (mental health professional). Metodologi: Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional .Sample sejumlah 53 anak . Kriteria sample adalah anak yang memasuki masa remaja khususnya yang berusia di atas 9 tahun baik lakilaki maupun perempuan. Kegiatan dilaksanakan bulan Mei 2021 di SD Percobaan 2 Yogyakarta. Hasil: sebanyak 82,6% siswi memahami mengenai gambaran dari ciri-ciri masa pubertas pada perempuan dan terdapat 93,3% siswa memahami apa yang terjadi pada saat masa pubertas. Pada pemahaman perawatan organ seksual menunjukkan terdapat 95,7 % siswi dan 93,3% siswa memahami bagaimana cara perawatan jerawat yakni dengan mencuci muka dan meminum banyak air putih Diskusi: Pendidikan seksual perlu dan penting diberikan untuk menambah pengetahuan seksual pada remaja awal khususnya yang berusia 13 tahun. Remaja mendukung program tersebut dan mengungkapkan faktor pendidikan orang tua, lingkungan dan media masa saat ini juga memberikan pengaruh terhadap kematangan seksualitas remaja.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | DIII Keperawatan > D3 Keperawatan |
Depositing User: | Administrator Eprints |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 03:47 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 03:47 |
URI: | http://eprints.stikes-notokusumo.ac.id/id/eprint/225 |
Actions (login required)
View Item |