Rahayu, Novi Widyastuti and Marselin, Amanda (2021) Terapi Kelompok Terapeutik Dalam Peningkatan Kemampuan Inisiatif Anak Usia Prasekolah. Jurnal Peduli Masyarakat, 3 (2). ISSN 2721-9747
Text
jurnal publikasi pkm tkt novi, manda.pdf Download (367kB) |
Abstract
Permasalahan psikososial yang ditemukan pada siswa TK adalah mereka memiliki kecenderungan malu, menolak bermain dengan teman yang tidak disukai, ragu-ragu, mudah menangis, marah, suka berteriak saat keinginannya tidak dipenuhi, takut, dan saling mengejek. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu ada upaya dalam membentuk dan mengembangkan kepribadian anak, sehingga diperlukan stimulasi untuk mencapai perkembangan yang optimal terutama pada anak usia pra sekolah melalui terapi kelompok terapeutik. Metode pengabdian yaitu pengukuran kondisi awal, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan yaitu stimulasi kemampuan inisiatif anak, dan diakhiri dengan post tes. Kegiatan ini dilaksanakan pada 20 siswa dengan didampingi orang tua dan guru. Hasil dari kegiatan ini adalah stimulasi perkembangan anak usia prasekolah melalui kegiatan terapi aktivitas kelompok ini dapat meningkatkan kemampuan orang tua, guru dan kemampuan anak dalam peningkatan kemampuan inisiatif. Anak menjadi lebih berani mencoba, tidak takut salah dan berani tampil.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | DIII Keperawatan > D3 Keperawatan |
Depositing User: | Administrator Eprints |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 02:44 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 02:44 |
URI: | http://eprints.stikes-notokusumo.ac.id/id/eprint/232 |
Actions (login required)
View Item |