Marselin, Amanda (2020) Analisis Kepuasan Pelanggan Instalasi Farmasi Santo Yusup Boro Kulonprogo. Prosiding Diseminasi Hasil Penelitian Dosen Program Studi Keperawatan dan Farmasi Volume 2 Nomor 2 Bulan September Tahun 2020, 2 (2). ISSN 2338 - 4514
Text
Artikel 1 Pages from Prosiding Vol 2 No 2 Sept 2020.pdf Download (255kB) |
Abstract
Instalasi farmasi merupakan salah satu unit penunjang pelayanan yang ada di sebuah rumah sakit dengan bentuk pelayanan khusus dalam bidang kefarmasian. Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung yang bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup pasien. Salah satu indikator untuk melihat kinerja sebuah unit organisasi yang menyediakan sebuah jasa pelayanan adalah kepuasan pelanggan. Hal ini dapat menjadi tolak ukur evaluasi dan perbaikan pada unit pelayanan tersebut. Tingginya tingkat kepuasan pelanggan akan berdampak pada loyalitas pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan sehingga akan melakukan pembelian berulang. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan farmasi di IFRS Santo Yusup Boro Kulonprogo. Jenis penelitian termasuk penelitian deskriptif dengan subyek seluruh pasien rawat jalan yang mendapatkan pelayanan IFRS Santo Yusup Boro Kulonprogo. Jumlah sampel 30 responden dengan instrumen pengambilan data berupa kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata nilai kepuasan pelanggan terhadap dimensi daya tanggap, wujud, keandalan, jaminan dan empati adalah 3,50 yang termasuk pada kategori sangat baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pharmacy |
Divisions: | LPPM > Prosiding |
Depositing User: | Administrator Eprints |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 02:06 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 02:06 |
URI: | http://eprints.stikes-notokusumo.ac.id/id/eprint/54 |
Actions (login required)
View Item |